Rabu, 04 Juli 2012

Ego state terapi Beberapa hari yang lalu seorang ibu bersama anak remajanya datang untuk hipnoterapi. Begitu mereka memasuki pintu Nathalia Institute Hypnotherapy Center saya kebetulan sedang di ruang tunggu. Saya melihat ke anak remajanya dan dia terlihat murung dan pendiam. “Ada sesuatu dengan anak ini.” pikir saya. Jika Anda setiap harinya melakukan hipnoterapi kepada ribuan klien selama bertahun-tahun, Anda akan bisa merasakan ada yang tidak beres pada diri seseorang hanya dengan menatapnya. Itulah kesan yang saya dapatkan dari remaja tersebut. Ibu dan anak remaja tersebut masuk ke ruang hipnoterapi saya. “Anak saya yang duluan dihipnoterapi.” kata si ibu. “Apa tujuannya melakukan hipnoterapi?” tanya saya. Ibu itu menjawab, “Anak saya tidak pernah menuruti saya. Dia selalu membangkang dan mebentak saya dengan suara yang ketus.” jawab ibu itu. Kemudian saya mengkonfirmasi hal tersebut ke si remaja. “Saya kesal setiap kali mendengar mama bicara. Rasanya mau melawan apa pun yang dikatakannya.” jawab si remaja. Kemudian dengan mata berkaca-kaca si ibu bercerita dia selalu membentak anaknya sejak mulai SD. Bahkan tak jarang dia memukul anak tersebut jika tidak bisa dalam pelajaran. Mengerikan, tahukah Anda apa yang terjadi ketika anak remaja itu memasuki alam bawah sadarnya. Ketika saya periksa isi alam bawah sadarnya ternyata ada bagian diri yang bernama “Si Benci”. “Si Benci” bertugas untuk membuat si remaja selalu membentak mamanya. Bagian diri itu lahir dari masa SD si anak. Bentakan dan pukulan si mama begitu membekas dan membuat si anak benci setiap kali si mama memperlakukannya dengan kasar. Rasa benci itu kemudian berkumpul dan membentuk sebuah energi yang kuat sehingga lahirlah bagian diri di dalam si remaja yang bernama “Si Benci”. Ketika saya menanyakan apa tugas “Si Benci” di dalam diri si remaja, bagian diri itu menjawab “Saya melindunginya supaya tidak merasakan sakit. Saya benci mama. Dia jahat. Dia selalu membuat Yohan (nama samaran si remaja) sedih. Saya membuat Yohan membentak mama supaya dia bisa melindungi diri.” Beberapa hari kemudian datang seorang remaja putri diantar papanya. “Anak saya ini selalu marah-marah kepada orang tua dan saudara-saudaranya. Emosinya meledak-ledak.” kata si ayah. Lalu saya hipnosis si remaja itu. Mencengangkan, di dalam dirinya ada bagian diri yang bertugas membuat dia marah dan bagian diri itu bernama “Jahat”. “Jahat, mengapa kau ada di dalam diri Elita (nama samaran si remaja)?” tanya saya kepada si remaja ketika dia dalam keadaan terhipnosis. “Saya terbentuk dari makian, bentakan dan pukulan mamanya. Elita selalu memendam kesedihan dan kemarahan setiap kali mamanya mengomelinya dan membentaknya. Akhirnya lahirlah saya dari kemarahan yang dipendam Elita. Sekarang saya akan memarahi balik semua orang. Itulah tugas saya.” jawab “Jahat” yang merupakan bagian diri dari Elita. Ketika saya meregresinya, Elita menangis berjam-jam melepaskan kesedihan dan kemarahan dirinya ketika dia dibentak dan dipukul mamanya saat dia masih TK dan SD. Kepada orang tua kedua remaja tersebut, saya mengatakan, “Seorang anak seperti botol. Apa yang kalian masukkan ke dalamnya akan menjadi isi botol tersebut. Kalian telah mengisi anak kalian dengan kemarahan dan kesedihan. Kalian sedang membesarkan seorang monster. Jangan heran jika dia akan melawan bahkan membenci kalian di kemudian hari.” Keesokan harinya seorang remaja datang diantar ibunya. Remaja ini telah mengalami gangguan jiwa sejak dari remaja. Dia telah menjalani perawatan dokter psikiater dan telah menjadi lebih stabil. “Selalu ada suara-suara di kepala saya. Itu membuat saya merasa tidak tenang.” jawab si remaja. Ketika memasuki alam bawah sadarnya, sungguh mengerikan, dia memiliki banyak sekali bagian diri. Dua diantaranya sangat penuh kemarahan. “Saya Risa.” kata bagian dirinya. Yang mencengangkan Risa adalah kakak perempuan si remaja. “Saya benci Patty (nama samaran si remaja). Kau menjijikkan, sundal, centil, murahan seperti pelacur, tidak berharga.” kata bagian dirinya. “Risa selalu berbicara kepada saya. Dia menghancurkan diri saya.” jawab Patty. Ketika saya cek mengapa Risa bisa masuk menjadi bagian diri Patty – yang secara hipnoterapi itu disebut introject – saya temukan Risa lahir dari masa kecil Patty. Risa selalu mengkritik Patty dengan kata-kata kasar. Bertahun-tahun diperlakukan dengan kasar membuat Patty sangat tertekan. Dia memendam kemarahan dan kebencian yang begitu dahsyat. Alhasil, energinya begitu kuat sampai Risa masuk menjadi bagian diri Patty. Dan karena energi itu sangat kuat maka Risa menguasai Patty dan membuat jiwanya terganggu. Ego States Therapy Teori ego states menyatakan bahwa seseorang terdiri atas banyak bagian diri yang disebut Cathexis. Cathexis adalah energi di objek, ide atau orang. Ketika energi ini berasosiasi dengan aktivitas ego maka menjadi ego cathexis. Sehingga sekarang energi ini akan mencara aktivitas untuk memuaskan keinginannya. Contoh: Seseorang akan membeli minuman ketika dia menonton iklan karena dia haus. Cathexis yang berasal dari pihak luar dan bergabung dengan ego maka akan menjadi Introject. Jika energi introject ini sangat kuat maka introject ini bisa menguasai diri seseorang. Inilah yang terjadi kepada Patty. Kritik sang kakak, Risa, sangat menyakiti hati Patty sejak kecil. Energi kebencian ini sangat kuat dan dilakukan selama bertahun-tahun. Sehingga Risa menjadi introject di dalam diri Patty. Kini introject yang bernama “Risa” dianggap sangat nyata oleh Patty dan menguasai Patty dengan makiannya yang kasar dan membuat Patty terganggu jiwanya. Manusia akan membentuk pertahanan setiap kali ada ancaman, contohnya jika rumah tetangga Anda dibobol maling maka Anda mungkin akan memasang gembok tambahan atau jika Anda tahu hari ini akan hujan deras maka Anda akan membawa payung. Itu juga yang terjadi dengan pikiran manusia. Jika dia merasa ada ancaman maka dia akan membentuk bagian diri yang bertugas untuk melindungi. “Si Benci” terbentuk menjadi bagian diri Yohan untuk melindunginya dari rasa sakit karena bentakan mama. “Jahat” terbentuk dalam diri Elita dan memiliki tugas untuk melindungi Elita dari bentakan dan pukulan mama dengan memarahi semua orang. Selama energi cathexis tidak besar maka bagian-bagian diri itu akan menghalangi kebahagiaan dan membuat perilaku seseorang terganggu. Namun, jika energinya sudah sangat besar akibat tumpukan emosi negatif maka bagian diri itu akan menjadi disasosiasi dan terbentuklah kepribadian baru yang disebut Multiple Personalities Disorder (MPD) yaitu salah satu jenis gangguan jiwa. Jangan dikira masalah ini hanyalah sepele. Belakangan ini banyak remaja, orang dewasa bahkan orang tua yang datang ke sesi hipnoterapi karena sudah sampai jiwanya terganggu. Saya mengakui kehidupan bisa memberikan tekanan yang begitu besar sehingga membuat mental kita tidak dapat menahannya lalu pecah menjadi gangguan jiwa. Jika demikian segeralah melepaskan emosi-emosi negatif yang Anda tahan di dalam diri Anda dengan melakukan hipnoterapi dengan hipnoterapis yang tepat. Anda, saya dan semua orang butuh hipnoterapi untuk melepaskan emosi negatif Salah satu orang tua remaja tersebut mengambil sesi hipnoterapi untuk mengatasi emosi marahnya yang membuatnya selalu membentak dan memukul anaknya. Dalam hipnosis ditemukan mama tersebut korban pelecehan seksual saat dia kecil. Akibat dari kejadian itu, dia menjadi sesorang dengan emosi tidak stabil dan mudah meledak-ledak. Orang tua lainnya pun ternyata memiliki problem di alam bawah sadarnya. Ada yang korban perceraian karena diselingkuhi suaminya sehingga membuatnya memendam amarah dan dilampiaskannya ke anaknya yang remaja. Ada yang sedang mengalami kemerosotan dalam usaha. Bahkan ada yang terlibat hutang. Semua problem tersebut membentuk emosi negatif di alam bawah sadar para orang tua. Dan emosi negatif itu secara tidak diinginkan terlampiaskan kepada anak-anak mereka. Ya, mereka membesarkan anak-anaknya dengan amarah, pukulan, dan bentakan yang notabene kemarahan mereka kepada diri dan hidup mereka sendiri. Si remaja hanyalah korban kemarahan. Namun, jika kemarahan tersebut tidak dilepaskan dari si remaja kelak dia akan menjadi orang tua yang akan mengulangi pola yang sama kepada anak-anaknya. Perubahan besar terjadi kepada remaja dan orang tuanya setelah menjalani hipnoterapi. “Sekarang saya bicara dengan anak saya dengan lembut. Lucu, biasanya saya selalu membentak anak lelaki saya yang suka usil tapi belakangan saya bisa sambl tersenyum melihat tingkahnya.” kata mama di sesi kedua. Para remaja mulai menunjukkan perubahan sikap. Mereka bicara lebih sopan dan tidak emosional. Sampai saat ini ketiga remaja tersebut dan para orang tuanya masih terus menjalani sesi hipnoterapi dengan saya. Kedua remaja sedang saya hipnoterapi untuk terus melepaskan kemarahan, kesedihan dan kebenciannya supaya energi negatif dari bagian diri mereka yaitu “Si Benci” dan “Jahat” terlepaskan dan tidak membuat personaliti baru seperti Patty yang sudah terganggu jiwanya. Sedangkan Patty perlu sesi hipnoterapi yang lebih intensif. Saya memahami kehidupan yang terus semakin sibuk dan tidak mudah akan membuat para orang tua semakin tertekan dan penuh ketegangan sehingga seringkali berubah menjadi amarah. Yang celakanya, jika semua itu dilampiaskan tanpa bisa dicegah kepada anak-anak maka para orang tua sedang membesarkan generasi yang berisi kemarahan, kebencian dan kesedihan. Para orang tua, lakukanlah hipnoterapi untuk melepaskan emosi-emosi negatif kalian akibat kehidupan yang semakin keras. Dan jika Anda merasa telah melakukan bentakan, memukul atau memarahi anak-anak kalian dengan kasar maka Anda sedang menumpuk kemarahan di dalam diri anak-anak Anda. Lepaskan semua kemarahan, kesedihan dan kebencian dari diri anak-anak Anda dengan membawa mereka ke hipnoterapis yang handal. Para atasan, karyawan, guru, dokter, relawan, marketer, dll lepaskanlah kemarahan, sakit hati, kesedihan dan kekecewaan dari alam bawah sadar kalian supaya energi negatif itu tidak menjadi bagian diri yang menghambat karier, hubungan keluarga atau pertemanan. Sebelum terlambat, setiap ada emosi negatif yang dirasakan segeralah datang ke hipnoterapis yang profesional agar emosi negatif tersebut segera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar